Mengklasifikasi Jenis Segitiga dengan Pemrograman Bahasa C


Waduhh Yui chan lagi megang buku apa tuh guyss? Hmm kok kayak gak asing ya sama buku yang ada disitu? HmmmπŸ€”

AHAπŸ’‘!! 
Seperti yang kalian lihat disitu ada buku tentang pemrograman phyton dan pemrograman bahasa C. Untuk pemrograman phyton sepertinya kita sudah belajar saat kelas 10 gak siih? Wahh berarti sekarang kita sudah masuk ke pemrograman bahasa C nihh. 

Coba liat gambar berikut deh!! 

Buat kalian yang notice kita melakukan apa hari ini selamat kalian benar!! Jadi hari ini kita belajar cara mengklasifikasikan segitiga menggunakan bahasa C 🀩✨‼️

Tapi kalian penasaran gak sih sama cara nya? Dan kenapa sih pemrograman nya harus ditulis seperti itu? Sini sinii aku bantu jelasin πŸ‘©πŸ»‍🏫‼️


Penjelasan:
1. /* Program untuk Menentukan Jenis Segitiga */
Kegunaan:
Menyatakan bahwa ini adalah program untuk menentukan jenis segitiga

2. #include <stdio.h> 
Kegunaan: 
Memasukkan pustaka standar input-output dalam bahasa C

3. int main()
Kegunaan:
Mendefinisikan titik awal eksekusi program

4. {
Kegunaan:
Menandai awal blok kode. 

5. int a, b, c;
Kegunaan:
Mendeklarasikan tiga variabel integer a, b, dan c untuk menyimpan panjang sisi segitiga
    
6. scanf("%d %d %d", &a, &b, &c);
Kegunaan:
Membaca tiga bilangan bulat dari input pengguna dan menyimpannya dalam variabel a, b, dan c

[ space kosong antara blok 6 dan selanjutnya ]
    
7. if ((a >= b + c) || (b >= a + c) || (c >= a + b))
Kegunaan:
Memeriksa apakah nilai a, b, dan c tidak dapat membentuk segitiga
        
8. printf("Bukan Segitiga");
Keginaan:
Jika salah satu kondisi terpenuhi, cetak "Bukan Segitiga"
    
9. else
Kegunaan:
Jika tidak, lanjutkan ke pemeriksaan jenis segitiga
 
10. if ((a == b) && (b == c))
Kegunaan:
Memeriksa apakah ketiga sisi sama panjang
     
11. printf("Segitiga Sama Sisi");
Kegunaan: 
Jika ya, cetak "Segitiga Sama Sisi"
    
12. else if ((a == b) || (b == c) || (a == c))
Kegunaan: 
Memeriksa apakah dua sisi dari segitiga sama panjang
            
13. printf("Segitiga Sama Kaki");
Kegunaan: 
Jika ya, cetak "Segitiga Sama Kaki"
        
14. else
Kegunaan:
Jika tidak ada kondisi di atas yang terpenuhi
            
15. printf("Segitiga Sembarang");
Kegunaan: 
Cetak "Segitiga Sembarang"
           
16. return 0;
Kegunaan: 
Mengembalikan nilai 0 untuk menunjukkan bahwa program telah berjalan dengan sukses

17. }
Kegunaan:
Menandai akhir blok kode. 

Lalu gimana sih hasil outputnya? Hmm sepertinya aku akan minta tolong kepada Hinata kun disini. Sebentar yaa aku panggil kan dia dulu.. 
... 
Hmmm ini dia hasil output dari Kageyama:3

... 
Baiklah Luna, output nya sudah ku taruh di blog mu. Sekarang doakan aku semoga aku selamat dari Kageyama dan dari kapten Daichi karena bolos latihan hari ini πŸ™πŸ»
またγͺ、γ‚‹γͺ ♡!




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekursi dan Algoritma Greedy

Jenis-Jenis Kabel Data

Jawaban TIK Evaluasi 1 bagian A Kurikulum 2013 Sejarah Informatika

KOMPONEN-KOMPONEN CPU

Hardware untuk Mengakses Internet dan Cara Mengakses Internet

Membaca String Secara Terbalik dan Membaca Sebuah Kata Sandi

Cara Berlangganan Citra.net